Selasa, 18 Oktober 2011

Cerpen, ternyata lo adik gue !


 By:  Chyntia Mrz
Di awali dari kisah cinta Dara dan Ikmal. Sudah genap 6 bulan mereka menjalani hubungan nya dengan serius, bahkan sudah di rencanakan bahwa nanti bulan kedua tahun depan, mereka akan bertunangan.
Siapa yang tidak senang, kalau hubungan seseorang dengan pasangan nya berjalan mulus sampai ke pertunangan, apalagi sampai ke pelaminan. Namun tidak begitu dengan Rajasa Ikmal Tobing, yang akrab di sapa Ikmal. Cowo yang hobby nya nge gebuk drum ini justru merasa sedih ketika ia mengetahui kalau dirinya akan di pertunangkan dengan gadis cantik, teman masa kecil nya itu. Dara Rizki Ruhiana nama nya, gadis yang memiliki gigi sunggil itu sangat mencintai Ikmal.
Terus terang saja, sebenarnya Ikmal tak menyimpan perasaan lebih terhadap Dara, kecuali rasa sayang sebagai sahabat nya. Namun semua ini Ikmal jalani karena semata-mata Ikmal dan keluarga nya ingin balas budi atas bantuan Keluarga Dara yang banyak membantu keluarga Ikmal. Bahkan dulu, biaya Sekolah Dasar Ikmal semua yang menanggung keluarga nya Dara.
Singkat cerita. Siang itu Dara mengajak Ikmal ke Rumah nya untuk sekedar bersilahturahmi, dan berbincang-bincang dengan kedua orang tuanya.
“Gimana Dara, Ikmal ?” Tanya Mama Nunung, Ibunda dari Dara.
“Dara asik di ajak ngobrol ko, tan. Cuma agak sedikit sering ambekan, hehe.” Ucap Ikmal sambil melirik kea rah Dara, dan tertawa kecil.
“Memang, Neng mah kaya gitu. Dikit-dikit ambekan, maklum aja lah ya Ikmal.” Kata Mama Nunung, dan tersenyum.
“Hehe, iya Tan” Ikmal tersenyum.
“Oya, gimana dengan Band mu, Mal ?” Tanya Ayah Dara.
“Bagus Om. Malah nanti Band aku mau Launching Mini Album.” Papar Ikmal.
Ayah Dara yang mendengar penjelasan Ikmal, hanya mengangguk kecil dan tersenyum.
Tak terasa 2 jam sudah Ikmal berbincang-bincang dengan kedua Orang Tua Dara. Jujur saja ini baru kedua kali nya Ikmal berbincang dengan kedua Orang Tua Dara, setelah Ikmal dan Dara mengikat hubungan. Kalau dulu sih, jaman-jaman mereka SD Ikmal sering banget main ke rumah Dara, entah untuk mengerjakan tugas kelompok, atau hanya sekedar bermain. Kan kalau sekarang bincang-bincang nya beda, xixi.
*** *** *** *** ***
Siang itu panas sekali, Ikmal yang di kamar nya sudah menyalakan AC saja masih ditambah menggunakan kipas listrik, ckck. Awalnya Ikmal yang mempunyai janji sama Dara ingin makan siang bersama, sampai di batalkan. Karena panas yang menyengat.
“Ikmal !” Panggil Mama nya, dari bawah. Kebetulan kamar Ikmal terletak di lantai 2.
“Iya mah. Ada apa ?” Ikmal membuka pintu kamar nya, dan segera menghampiri Mama nya.
“Mama boleh minta tolong ga, sayang ?”
“Apa mam ?”
“Tolong belikan Mama Sup Buah ya, Nak. Siang ini panas banget, kaya nya seger kalau minum Sup Buah, kamu mau ?”
“Kenapa ga nyuruh bibi aja si, Mah.” Ikmal terlihat enggan.
“Bibi lagi nyuci, Mal. Kan kasian udah kamu aja yang beli ! kan deket di depan Komplek juga ada ko.” Ucap Mama Ikma sambil menyerahkan selembar uang 50.000
“Oke. Mobil aku mana mah ?” Tanya Ikmal heran karna ia melihat Mobil nya tak ada di tempat.
“Di pake Jono, buat jemput keyla. Mobil yang satu nya di bengkel. Udah kamu pake motor aja yah ?” Kata Mama Ikmal, sambil menyerahkan kunci Motor.
Ikmal pun menurut apa yang dikatakan Mama nya. Dan Ikmal pun berlalu.
*** *** *** *** ***
Satu per satu kios tempat berjualan Sup Buah Ikmal kunjungi, namun tak satu pun kios tersebut buka, sebelum nya Ikmal sudah menghampiri tempat jualan Sup Buah depan Komplek nya, namun di situ pun tutup.
Motor Ikmal pun tertuju pada kios Sup Buah, yang ada di pinggir jalan dekat lampu merah.
“Nah itu ada !” Ucap nya.
“Beli berapa bang ?” Tanya yang menjual.
“Ko lo panggil gue Abang ? kan yang jualan lo bukan gue.” Protes Ikmal karena dia mendapatkan sebutan ‘Abang’
“Kan lo cowo, wajar gue panggil lo Abang. Emang salah ya ?” Tanya nya lagi.
“Ya, ga papa. Cuma ga enak di denger ! Panggil Mas kek, Kaka kek, Apa kek lah yang penting enak di denger !” Omel Ikmal.
“Yaudah gue panggil nama lo aja ! Siapa nama lo ?” Tanya tu penjual lagi.
“Bilang aja lo mau kenalan ! Tapi masa sih lo kenalan sama cowo ?” Ikmal tertawa.
“Lah emang salah ?”
“Ya, engga sih. Tapi aneh aja.” Ikmal terlihat risih.
“Gue Ikmal.” Lanjut Ikmal. “Lo ?”
“Gue Mita..” Ternyata nama nya Mita, Mita pun menjulurkan tangan nya.
“Hahahahaha ! Kocak lo. Sumpah” Ikmal tertawa geli.
“Kocak apa nya ?” Mita heran.
“Gue kira lo Cowo ! Abis gaya lo Cowo banget ! Mana di tindik lagi, haha. Makanya tadi gue agak risih sama lo, Gue kira lo homo, Wkwk.” Ikmal tertawa lagi.
“Gila lo ! Gue normal ye.. Lagian lo ga bisa ngebedain dari suara nya mana cowo dan cewe tulen !” Papar Mita. “Udahlah, lo mau beli Sup Buah gue ga nih ?” Lanjut nya.
“Haha peace, Mit. Gue beli emm… berapa ya, 4 bungkus aja deh.”
“Buatan lo enak ga tuh ?” Tanya Ikmal tak yakin.
“Pasti enak ! Tenang aja, Campur semua kan ?”
“Yang satu jangan pake NANGKA !” Ucap Ikmal tegas, karena Ikmal sangat tidak menyukai Nangka.
“Iya iya !”
Mita pun memenuhi semua pesanan Ikmal. “Semua nya 25.000” Ucap Mita sambil menyerah kan Sup Buah yang terbungkus plastic Hitam ke tangan Ikmal.
“Nih, kembalian nya buat lo aja, Mit. Makasi yah !”
“Harus nya gue yang makasi ! “ Teriak Mita, namun Ikmal lebih dulu menjauh.
*** *** *** *** ***
Keesokan Harinya. Mobil Ikmal berjalan tersendat-sendat, tentu saja. Pagi itu Ikmal, Dara dan Mobilnya terjebak di antara mobil mobil, ada apa ? macet pasti nya. Bukan Jakarta nama nya kalau tiap pagi Jalan Raya tidak di hiasi kemacetan, di tambah polusi asap dari kendaraan maupun Pabrik, itulah Jakarta.
Singkat cerita. “Duh, tiap pagi pasti ada aja macet !” Keluh kesal Dara saat itu.
“Nama nya juga Ibukota, Dar.” Pungkas Ikmal
Dara pun memasang muka bête. “Entar aku bisa telat nih !” Omel Dara.
“Mau di apain lagi, Neng ? Emang kaya gini Jakarta, macet, macet dan macet.” Kata Ikmal.
Mobil Ikmal berjalan, sedikit demi sedikit.
“Yaudah deh, Mal. Aku naik Bus Way aja.” Kata Dara memutuskan.
“Bener ni ?” Tanya Ikmal meyakinkan.
“Iya, yaudah ya gue duluan, Mal.” Dara pun keluar dari mobil Ikmal.
“Hati-hati, Neng !” Teriak Ikmal.
*** ***
“Andai engkau tau, Ku hanya ingin dirimu tak peduli yang lain. Menentang hatiku.. woo, oo.” Terdengar seperti orang menyanyi dari luar mobil Ikmal, suara nya cukup bagus, decak Ikmal.
Ikmal pun membuka kaca jendela Mobil nya. “Mita !!” Panggil Ikmal.
“Ikmal ?” Mita memasang muka heran.
“Ngapain lo disini ?” Tanya Mita.
“Adanya juga gue yang nanya kaya gitu ke lo.” Protes Ikmal.
“Gue…” Tiba tiba ‘tinn..tin..’ Mobil yang berada di belakang Ikmal mengklakson, artinya mobil yang ada di belakang menyuruh  mobil Ikmal cepat berjalan.
“Masuk ke mobil gue, Mita !” Perintah Ikmal.
Mita pun segera masuk kedalam Mobil Ikmal.
“Tadi lo belum jawab pertanyaan gue, ngapain lo disini ?” Tanya Ikmal lagi.
“Ga ngapa-ngapain.” Jawab Mita singkat, namun dilihat dari raut wajah Mita terlihat sepertia ada yang di sembunyikan.
“Jangan boong lo !” Kata Ikmal.
“Emang ngapa si ? kaya nya lo terlalu maksa gue buat cerita.” Mita manyun.
“Karna, gue juga mau cerita sesuatu sama lo. Jadi lo juga harus cerita apa yang lo alami sekarang.” Papar Ikmal.
“Maksud lo apaan si ? Kita baru aja kenal, masa udah curhat curhatan !” Protes Mita.
“Hemm.. jujur aja, Mit. Gue ngerasa gue kaya udah bertahun tahun deket sama lo. Padahal gue baru kenalan sama lo.” Pungkas Ikmal.
“Aneh lo !” Balas Mita.
*** *** *** ***
Setelah kejadian kemarin, Ikmal dan Mita terus bertemu, sengaja maupun tidak di sengaja. Entah apa yang di pikirkan Ikmal, Ikmal ingin sekali mengenal kan cewe tomboy yang berkehidupan sederhana ini, di hadapan kedua orang tua nya.
Awalnya Mita menolak, dan Mita takut kalau nanti dirinya bakal di usir kasar-kasar dari Rumah Ikmal. Namun semua dugaan Mita salah, yang tadinya Mita kira Mita akan di usir kasar-kasar dari Rumah Ikmal, justru Mita di sambut hangat dengan keluarga Ikmal.
“Mah, kenalkan ini Mita. Temen Ikmal.” Ikmal mengenalkan Mita pada Mamanya.
“Oh, ini yang nama nya, Mita. Dia cewe atau cowo Mal ?” Tanya Mama Ikmal.
“Tentu Cowo mah.” Canda Ikmal.
“Eh, engga tante ! Mita cewe tulen ko.” Mita menyenggol tangan Ikmal.
“Oh, Cewe toh. Kenapa penampilan kamu seperti ini, Mit ?” Tanya Mama Ikmal ramah.
“Tuntutan hidup, Tan. Eh tapi dibilang tuntutan juga engga sih, hehe.” Ujar Mita.
“Boleh tante tau ?” Tanya Mama Ikmal.
“Emmm…” Muka Mita terlihat ragu.
“Boleh, Tan. Tapi jangan disini ya Mita malu ada Ikmal, hehe.” Mita cengengesan.
“Oh, yasudah. Di halaman belakang aja yuk.” Ajak Mama Ikmal sambil menggandeng Mita.
Terlihat kesederhanaan Mita, saat menceritakan semua nya yang Mita alami. Mama Ikmal pun mendengar semua curahan hati Mita, dan memberi solusi dari semua masalah. Selesai Mita dan Mama Ikmal berbincang, Mita pun di ajak makan siang bersama keluarga Ikmal, kebetulan saat itu Ayah nya Ikmal sedang tugas di luar kota.
Jam menunjukan pukul 16.00, sore sudah. Mita pun berpamitan pada Mama Ikmal.
“Tante, Mita pulang dulu ya..” Mita menyalami dan mencium tangan Mama Ikmal.
“Iya, Mit. Kamu sering-sering ya, main kesini kalau ada masalah cerita aja sama Tante, oke ?” Ucap Mama Ikmal ramah. Mungkin aneh jika dipikir, padahal Mita dan Mama nya Ikmal baru saja berkenalan melalui Ikmal, tapi keakraban nya seperti Orang yang sudah kenal bertahun-tahun.
“Aneh lo, Mit ! Pas tadi gue minta lo buat cerita, lo ga mau. Giliran nyokap gue aja, lo mau cerita.” Protes Ikmal.
“Ye.. kan gue sama Mama lo sama-sama cewe jadi bisa lebih memahami perasaan gue.” Pungkas Mita.
“Hemm.. iya deh, tapi nanti lo cerita yak ? haha. Wajib kudu cerita sama gue !” Ikmal memaksa.
“Apaan si kamu, Mal. Masa orang curhat mesti di paksa ? Udah-udah sekarang kamu anter Mita pulang ya, Mal.” Kata Mama Ikmal.
“Yaudah ayu, Mit !” Ikmal segera menuju mobil yang ada di depan Rumah.
“Tante, Mita pulang dulu ya…” Ucap Mita manis.
“Iya Mit. Hati-hati ya..” Mama Ikmal memeluk Mita, seperti ada yang beda dari pelukan biasa nya. Mama Ikmal pun menyelipkan amplop yang berisi beberapa lembar uang didalam nya. “Apaan ni Tante ?” Mita heran karena di berikan amplop.
“Udah bawa aja.” Jawab Mama Ikmal.
“Mita cepet !!” Teriak Ikmal dari luar.
“Iya iya ! Tante Mita pulang dulu ya..” Pamit nya lagi.
“Yaudah, jangan lupa mampir lagi ya, Mit.” Mama Ikmal mencium pipi Mita.
*** *** *** *** ***
Keakraban Mita dengan keluarga Ikmal pun, makin terjalin. Bahkan kini Mama Ikmal telah menganggap Mita sebagai Anaknya sendiri. Begitu pun dengan Ikmal, namun kini Ikmal merasa mempunyai sedikit rasa untuk Mita.
Hari itu, Ikmal dan Mita menepati janji mereka, untuk berlatih music bersama di Studio milik Ikmal. Kebetulan Mita dan Ikmal memiliki kesukaan yang sama yaitu menyukai Music.
“Gila, Mal ! gebukan drum lo sadis bener ! haha.” Pungkas Mita sambil menyenggol tangan Ikmal
“Haha, harus dong Mit ! Petikan gitar lo juga keren banget ! salut gue, belajar sama siapa lo ?”
“Sendiri, Mal. Hehe” Ucap Mita sambil menggaruk kepalanya yang tidak gatal itu.
“Ga percaya gue ! Masa sehebat itu lo belajar sendiri ?” Ikmal tak percaya.
“Yaudah terserah lo aja. Emang gue belejar sendiri ko.”
“Iya deh, gue percaya.” Kata Ikmal akhirnya.
*** *** *** *** ***
Kita tengok Mama Ikmal yang sedang termenung di Rumah nya ! :p
Sepi kini menyelimuti perasaan Mama dari Ikmal, sudah 2 hari Mita tak kunjung main ke Rumah Ikmal. Entah apa yang dirasakan Mama Ikmal kini, rasanya ia ingin sekali terus bersama Gadis Tomboy, teman Ikmal itu. “Seperti ada yang istimewa dari dirinya.” Batin Mama Ikmal.
Mama Ikmal mengeluarkan album foto yang ada di dalam laci. Ia pandangi album itu, ia bersihkan debu yang menyelimuti album itu. Di bukanya dan di pandangi satu per satu foto yang ada di dalam nya. “Anak ini..” Tangan Mama Ikmal menyentuh lembut foto yang ada di dalam album itu, tangan nya tertuju pada foto Bayi bersih yang sedang tersenyum di pangkuan nya. Tak terasa air mata menetes di pipi nya.
“Anak ini, mirip sekali dengan Mita.” Ucap nya lagi. “Apa mungkin Mita anakku yang dulu hilang ?” Mama Ikmal memeluk foto itu dan mencium nya.
Sekarang kita Flashback ! Dulu sekitar 22 tahun yang lalu, Mama Ikmal dan suami nya mengajak Ikmal dan Adik nya ke suatu pusat perbelanjaan, Pada saat itu umur Ikmal sekitar 5 tahun, sedangkan adiknya berumur 3 tahun. Apa yang bisa di lakukan anak berumur 5 tahun ketika ia harus menjaga adiknya ? tentu saja tidak bisa apa-apa. Saat itu Mama Ikmal sedang pergi ke toilet, sedangkan Ayah nya sedang membeli cemilan untuk kedua anak nya. Namun sesuatu yang tidak di inginkan terjadi, ketika Ikmal lengah menjaga adik nya, justru adiknya pergi entah kemana. Ikmal tak tau ? Adiknya lari atau di culik seseorang, Cukup Flashback nya. “Mama kangen tai lalat yang ada di bawah hidung kamu, Nak.” Lanjut nya lagi.
“Tai lalat bawah hidung ? Lo dong, Mit. Haha.” Ucap Ikmal tiba-tiba, datang bersama Mita.
“syutt.. Tante kenapa ?” Ucap Mita sambil merangkul Mama Ikmal.
“Mit, tante mau kamu jujur sama Tante. Sekarang kamu hanya tinggal dengan Mama dan kedua adik kamu kan ?”
“Iya Tante, emang kenapa ?” Tanya Mita heran.
“Itu Mama kandung kamu ?” Tanya Mama Ikmal.
Mita terdiam sejenak.. “Bu..kan Tante. Mama aku bilang Aku di temukan di pinggir jalan, waktu Mama pulang kerja, dan Mama merawat Aku dari dulu sampai sekarang.” Papar Mita.
“Kamuu.. anak Tante.” Ucap Mama Ikmal, Kata-kata tadi membuat Mita bingung. “Tante yakin ! apa kamu masih punya kalung ber inisial M ?” Tanya nya lagi.
“Punya tante. Tapi ada di Rumah..” Jawab Mita.
“Boleh tante ke Rumah kamu ?”
*** *** *** *** ***
Ikmal, Mama nya dan Mita pun segera meluncur ke Rumah Mita. Sesampai di Rumah Mita, kebetulan Mama Mita sedang cuti bekerja. Mama Mita pun terheran melihat semua nya.
“Mama..” Ucap Mita sambil mencium tangan Mama nya.
“Permisi bu.. saya Ibu nya teman Mita. Boleh saya main ke Rumah Ibu ?” Ucap ramah Mama Ikmal.
“Tentu boleh, silahkan masuk.” Jawab ramah Mama Mita.
Mama Mita dan Mama Ikmal pun berbincang-bincang, hingga akhirnya Mama Ikmal menanyai asal usul Mita. Dan akhirnya Mama Mita pun menjelaskan semua nya. Mama Ikmal yang mendengar penjelasan Mama Mita pun semakin yakin kalau Mita adalah anak dari nya. Tinggal satu lagi untuk menambah bukti bahwa Mita benar-benar Anak nya ! ya, Tes DNA. Ketika Mita dan Mama Ikmal melakukan tes DNa, dan hasil nya sama !
Setelah beberapa bukti bukti dikumpulkan, Keluarga Ikmal pun pergi ke pihak yang berwajib. Dan akhir nya, Terbukti benar Mita adalah anak dari Orang Tua Ikmal.
“Mita ! Ternyata lo adik gue.” Ikmal memeluk erat Mita.
“Aduh, Ikmal lepas gue susah napas ni.” Protes Mita.
“Hehe, sorry Mit. Abis nya gue seneng banget, dan lo seharus nya panggil gue Abang. Haha.” Kata ikmal.
“Pas dulu gue panggil lo Abang ! Lo marah, gimana sih ?” Kata Mita.
“Kan dulu, bukan sekarang. Haha.” Ikmal senang.
“Mita, sekarang panggil Tante, Mama yah.” Ucap Mama Ikmal.
“Iya Tan.. eh Mama. Hehe.” Mita tersenyum, “Dan panggil Om, Ayah ya ?” Kata Ayah Ikmal.
“Iya Ayah, hehe.” Ucap Mita di selingi senyum manis nya. “Haha, panggil gue Abang ya, Adik sayang.” Ikmal mengacak-acak rambut Mita.
“Apaan si lo !” Protes Mita. Di selingi candaan lain nya.
Akhir cerita. Ikmal kini sedang belajar mencintai Dara, hubungan Ikmal dan Dara pun semakin erat. Bahkan acara pertunangan di percepat, dari rencana nya dulu. Dan kemudian di susul pertunangan Mita dan Rio, tambatan hatinya.
~~ Tamat ~~
 
*Maaf kalo kalian ga suka sama cerita nya. Kalau suka di like dong :p*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

coment-coment Vty, Mrz, Dlz