Kamis, 12 Januari 2012

Pengorbanan Cinta

By:  Ch Pramita Oqtha
Makasih buatt kalian yang Virginity atau pun bukan udah menyisakan waktu kalian untuk membaca cerpen aku ini, semoga kalian suka yah …
Maaf  kalo gaje, kepanjangan, dll … ini hanya cerita fiktif dan karangan ajah …

Hay semua… kenalin namaku Dara Rizki Ruhiana, aku tinggal di Tasikmalaya bersama Bunda, Ayahku sudah meninggal waktu aku berumur 5 tahun, sekarang aku sekolah di SMA CAHAYA kelas XI IPA 1 . Sobat, tahukah kalian bagaimana rasanya menjadi anak tunggal ? pasti kesepian kan ? itulah yang aku rasakan, setiap pulang sekolah aku pasti kesepian karena Bunda selalu kerja sampai larut malam, berjuang untuk mencukupi kebutuhan aku sama Bunda, untungnya ada sahabatku yang bernama Mulan yang bisa aku andalkan kalau soal curhat dan satu lagi nama nya Rio kakak kelas aku, dia orangnya baik banget, perhatian, care, padahal aku baru kenalan sama dia sekitar 7 bulan (2 bulan lagi lahiran dong), akhir-akhir ini Rio sering sms atau telpon aku, walau cuma sekedar nanyain keadaan aku tapi seneng banget, aku merasa dapet perhatian lebih dari seseorang yang jarang aku dapatkan di rumah . Udahan dulu yah perkenalannya .

Tin tin tin
Aku rasa itu suara klakson mobil Mulan
“Bunda aku berangklat dulu yah” pamitku ke Bunda
“Iya sayang, hati-hati di jalan yah” kata Bunda ambil mencium keningku
Aku segera masuk ke mobil Mulan
“Pagi Lan” sapaku
“Pagi juga neng Dara” sapa Mulan
Oiya setiap hari aku dijemput Mulan ke sekolah, baik banget kan ..
 
Beberapa menit kemudian aku dan Mulan sampai di sekolah
“Hmm tumben kok Rio ga samperin aku yah” gumamku, karena biasanya kalau aku masuk ke kelas pasti Rio samperin aku
“Hayoo nyariin Rio yah” kata Mulan sambil menepuk bahuku
“Huuu sok tau nih” kataku megelak
 
Kriiiiing
Bel masuk berbunyi, jam pelajaran pun dimulai, akhirnya aku menarik kesimpulan kalau Rio itu ga masuk sekolah …
 
#dirumah
Kok aku jadi kepikiran Rio yah ? apa aku sms dia aja ? hmmm
Waktu aku mengambil HPku untuk sms Rio tiba-tiba ada telepon dari Rio, aku langsung mengangkatnya ..
“Halo?” kataku
“Hai neng, lagi apa?” kata Rio diseberang sana
“Baru aja baru mau ditelpon eh udah ditelpon duluan”
“Kenapa emangnya? Kangen yah”
“Iihh GR, eh lu kenapa ga masuk sekolah?”
“Gw kecapean abis latihan band”
“Ooh”
“Udah makan belum neng?”
“Belum”
“Makan sana ntar sakit loh”
“Yaudah deh, bye”
“Bye”
Tuh kan pasti Rio telpon aku, saking seringnya aku jadi tau jadwal dia sms atau telpon aku :D dan aku boleh dong berharap suatu saat nanti aku sama Rio punya hubungan yang lebih dari temen :D
 
Seminggu kemudian
 
Kok tumben yah 3 hari terakhir ini Rio ga pernah sms atau telpon aku, apa dia udah berubah ? huh
“Sayang sekarang kamu siap-siap yah kita mau pergi” kata Bunda saat aku sedang nonton TV
“Kemana Bunda ?” tanyaku
“Mau ketemuan sama om Erik” jawab Bunda
Aku langsung masuk ke kamar untuk siap-siap, yaah Bunda akan menikah lagi dengan om
 Erik, aku senang karena dengan begitu beban Bunda berkurang dan aku yakin Bundapun akan bahagia .
 
19.00
Aku dan Bunda pergi ke tempat dimana aku akan bertemu dengan om Erik naik taksi .
Beberapa menit kemudian aku dan Bunda sampai di tempat tujuan, Bunda mengajakku masuk ke sebuah restoran dan duduk disana, tidak lama kemudian om Erik datang, aku bener-bener kaget karena om Erik datang bersama Rio, tapi aku hanya diam saja, kami berempat berkumpul seperti sebuah keluarga yang sedang makan malam .
“Kamu yang namanya Dara” tanya om Erik memulai pembicaraan
“Iya om” kataku tersenyum
“Kenalin ini anak om namanya Rio”
“Aku udah kenal kok yah, dia temen sekolah aku” kata Rio angkat bicara
“Kok kamu ga pernah cerita ke Bunda sih” kata Bunda ke aku
“Bunda aja jarang dirumah, gimana mau cerita” jawabku
Sepanjang makan malam aku hanya diam saja begitu pula Rio, bete banget rasanya
“Bunda aku ijin ke toilet yah” kataku ke Bunda
Saat aku pergi ke toilet Rio mengejarku dan menarik tanganku
“Kamu marah yah sama aku” kata Rio
“Ga kok, emang kenapa?”
“abis dari tadi kamu diam aja, sory yah aku ga sms atau telpon kamu akhir-akhir ini soalnya lagi sibuk ngeband”
“Iya gpp kok” kataku tersenyum
Akhirnya Rio kembali ke meja makan dan aku ke Toilet
Ditoilet aku senyum-senyum sendiri “Rio nyamperin aku cuma mau bilang itu” kataku pelan sambil bercermin
 
Sebelum acara pernikahan Bunda, Rio ajak aku jalan-jalan keliling Jakarta
“Ka aku mau beli buku nih, kk duluan ajh ke tempat makan nanti aku nyusul” kataku ke ka Rio
“Yaudah, jangan lama-lama yah”
Aku pergi ke toko buku dan memilih buku mana yang akan aku beli dan membayar nya di kasir .
“aduuuuhh ngantrinya panjang banget, kasian nih sih Rio nungguin aku lama banget” kataku dalam hati dengan muka yang gelisah
“Duluan aja” kata seseorang yang ga aku kenal mempersilakan aku untuk duluan membayar
Yaampun nih orang ganteng banget, sampe salting sendiri aku lihatnya..
“Emm nama kamu siapa ?” tanyaku ragu
“Mita”
“Aku Dara, kalo gitu aku duluan yah” kataku sambil beranjak ke kasir
 
#dikamar
Aduuuh kok aku jadi kepikiran orang yang tadi yah , keren banget ..
Bergetar hatiku saatku berkenalan dengannya
Kudengar dia menyebutkan nama dirinya
Sejakku bertemu ku telah jatuh hati padaanya
Didalam hati telah menjelma cinta
 
 Pernikahan Bunda yang dilaksanakan di Jakarta sudah selesai, aku seneng banget tapi aku juga sedih karena aku harus berpisah dengan Mulan, hari ini aku harus pindah ke Jakarta tinggal bersama ayah dan Rio yang kini menjadi kakakku karena dia lebih tua dari pada aku, ga nyangka Rio malah jadi saudara tiri aku sendiri padahal aku kan udah sayang banget sama dia, tapi sekarang ga mingkin kalau aku pacaran sama dia, yaah tak apa aku harus bisa menerima kenyataan walau sulit .
Sekitar 2 bulan aku tinggal di Jakarta dan sekarang aku sekolah di SMA VIRGIN dan ka Rio kuliah, aku seneng bisa serumah sama Rio, hari ini dia berjanji sama aku mau kenalin aku ke temen-temen bandnya
“Weeeh sih Rio bawa pacar baru tuh” kata temen ka Rio dan aku ga tau siapa namanya
“bukan, ini ade gw”
“Sejak kapan lu punya ade?”
“2 bulan lalu bokap gw nikah, sory yah gw ga kabarin kalian soalnya pestanya Cuma buat keluarga terdekat aja”
“Ooh”
“Nih kenalin namanya Dara Rizki”
Aku salaman sama semua temennya ka Rio, ada yang namanya Ijal, Wahyu dan Mita, aku kaget banget plus seneng banget bisa kenalan sama Mita, orang yang waktu itu ketemu di toko buku .
“Ka yang itu ganteng banget yah” kataku berbisik ke ka Rio
“Dia itu cewe neng”
Hah ?? cewe ??? sekeren itu ??? yaampun ,, pupus sudah harapanku untuk menjadi miliknya .. huhu :'(
Aku, ka Rio dan temen-temen ka Rio berbincang-bincang sampai sore lalu aku dan ka Rio pamit pulang .
 
Sobat, tahukah kalian aku tetap kesepian ? ka Rio malah sibuk sama bandnya, sedikit banget waktu yang dia luangkan buat aku, untungnya aku punya temen curhat namanya Mita, temen bandnya ka Rio, walau dia sibuk tapi dia tetap bisa meluangkan waktunya buat aku, orangnya baik dan maco banget, walau dia cewe tapi dia bener-bener kaya cowo dan aku rasa lebih keren dari siapapun :D dan yang lebih asiknya dia satu sekolah sama aku di SMA VIRGIN, kebetulan hari ini ka Rio lagi di rumah, sebagai seorang di yang kangen sama kakaknya aku masuk ke kamarnya ka Rio yang tepat berada di samping kamarku
“Kok sepi sih ? ka Rionya kemana ?” kataku pelan
Ketika aku duduk di kasurnya ka Rio, aku mendengar ada bunyi sms, setelah aku cari-cari tenyata HPnya ka Rio terselip dibawah kasur .
“ada sms, buka ga yah ? buka aja deh, aku kan adiknya masa ga boleh” kataku sambil membuka sms
 
From : Amy Mulan
Bii’ aku udah dibandara nih, kamu jemput aku yah?
 
Loh ini kan nomornya Mulan, aku bener-bener inget banget nomor Mulan, tapi nama kontaknya amy mulan sih ? terus smsnya pake aku”an segala ?
Kreeek (bunyi pintu)
Rio keluar dari kamar mandi dan kaget melihat aku ada dikamarnya .
“Kamu dari tadi disini?” Tanya ka Rio
“Ga kok, gpp kan aku masuk kamar kk”
“Iya gpp”
“Ka tadi ada sms dari amy mulan ? itu mulan yah ? kok namanya amy ? terus kenapa manggilnya aku ?”
Rio menghampiri aku dan menaruh telunjuknya tepat dibibirku
“Kalo nanya tuh satu-satu atuh, kan kk bingung mau jawab yang mana”
“Iya-iya”
“Mulan itu my amy dan kk is here aby”
“Jadiiiii……”
“Kk sama Mulan pacaran, sory yah kk ga cerita ke kamu soalnya kk mau buat surprise buat kamu eh kamu nya udah tau, sekarang dia mau kesini dan bakal satu kelas sama kamu, kamu mau ikut ga ? sekarang kk mau jemput Mulan” kata ka Rio menjelaskan
“Iya aku ikut, tungguin yah aku siap-siap dulu” kataku senang dan langsung siap-siap
 
Aku seneng banget akhirnya Mulan ke Jakarta dan bakal satu kelas sama aku, tapi aku bingung sama perasaan aku sendiri kalo denger ka Rio sama Mulan jadian
“Mulaaaaaan” teriakku sambil memeluk Mulan di Bandara
“Gw juga kangen banget sama lu” kata Mulan
“Sama gw juga”
Untuk melepas rasa kangenku sama Mulan, ka Rio ngajak aku sama-sama Mulan jalan-jalan dulu .
 
Lelah juga seharian main sama Mulan dan ka Rio, dan hati aku juga lelah harus menahan rasa cemburu dan kesal, sobat, tahukah kalian ? sepanjang perjalanan aku hanya diam dan mendengar percakapan antara Mulan dan ka Rio, aku bagaikan seorang penganggu, dan terlebih lagi mulai sekarang aku harus berangkat ke sekolah dengan ka Rio dan Mulan, berarti setiap hari aku harus menahan ini semua, akh aku bingung, apakah aku harus senang karena bisa satu kelas lagi sama Mulan apa aku harus benci karena dengan adanya Mulan, ka Rio ga perhatian lagi sama aku ??
 
#di sekolah
“Pagi neng” sapa Mita menghampiri aku
“Pagi juga mit” kataku lesu
 
“Kok sedih sih ? kenapa ?”
“Gpp kok”
“Kalo mau cerita, cerita ajah, kalo ga mau juga gpp”
Aku hanya tersenyum, mungkin aku akan cerita ke Mita tapi ga sekarang, karena aku takut nanti malah tambah ganggu aku belajar .

Sampai pulang sekolah aku ga banyak bicara sama Mulan, rasanya males banget, aku juga udah bilang ke ka Rio kalo aku ada les vocal padahal aku bohong karena aku ga mau pulang bareng mereka .
“Neng” kata Mita menghampiri aku yang lagi duduk di taman sekolah
 
“Iya kenapa mit ?”
“Neng kenapa sih ? kayaknya ga semangat banget ?”
“Gpp kok”
“Aku tau kok gimana perasaan kamu, pati kamu lagi sebel kan sama Mulan, kamu ngerasa kalo Mulan itu ngerebut Rio dari kamu”
“Makasih mit udah ngertiin aku” kataku memeluk Mita sambil menangis
Rasanya tenang banget kalo ada dideket Mita, aku juga dianterin sama Mita naik motor sportnya
 
 
 
“Kamu pulang sama siapa ?” Tanya ka Rio saat aku sampai di rumah
“Sama Mita” kataku singkat dan langsung masuk ke kamar, rasanya ,males banget mau ngomong sama ka Rio .
 
 
Keesokan harinya aku sekolah seperti biasanya, pulang sekolah aku lagi nungguin Mita karena Mita belum keluar dari kelasnya .
Beberapa menit kemudian yang ditunggu udah datang
“Sory yah neng lama” kata Mita
“Iya gpp kok”
“Tunggu bentar yah” kata Mita pergi ga tau kemana
“Nih” kata Mita ngasih es krim ke aku
“Thx”
“Sama-sama”
“Hmm, mit aku boleh tanya ke kamu ga ?”
 
“Boleh tanya apa ?”
“Gimana sih rasanya kehilangan seseorang yang bener-bener kamu sayang ?”
“Yaampun neng, jujur aja sama aku, pasti soal Rio kan ?”
Aku menganguk pelan
“Aku sayang banget sama Rio Mit, bahkan melebihi apapun”
“Neng, harusnya kamu sadar kalo kamu sama Rio itu punya kehidupan masing-masing dan kamu harus terima itu, kalo soal perhatian nya Rio, kamu bisa bilang baik-baik ke dia tentang perasaan yang selama ini kamu pendam , Rio itu orang yang baik kok”
“Makasih yah Mit” kataku memeluk Mita
 
#di kamar
Aku bener-bener ngiri banget sama Mita, cewe yang bener-bener tegar dan dewasa banget, jarang aku ketemu orang kayak Mita, bahkan dia bisa ngelindungin orang, sekitar 1 bulan yang lalu aku pulang dari toko buku terus ada preman yang gangguin aku, untungnya aku ajak Mita, semua preman jadi takut sama Mita dan ga berani gangguin aku lagi, Mita juga pinter, kalo aku ga ngerti pelajaran pasti Mita ajarin aku deh, dan sekarang Mita dewasa banget, lewat saran yang tadi dia kasih, aku jadi sadar kalo aku sama Rio emang ga bisa bersatu jadi sepasang kekasih J
“Neng, kamu kenapa melamun” kata ka Rio yang tiba-tiba ada di kamar aku
“Ah eh gpp” kataku
“Dari tadi dipanggilin ga nengok-nengok, mikirin siapa sih ?”
“Ka aku mau ngomong sama kk” kataku sambil membenarkan posisi dudukku
“Ngomong aja”
“Aku masih boleh kan sayang sama kk walaupun kita cuma kk adik ?”
“Yah jelas lah neng, kk juga sayang sama kamu”
“Buktinya ?”
Ka Rio terdiam, mungkin dia sedang mencari jawaban yang tepat
“Kk tau ga sih kalo aku tuh setiap hari kesepian, pasti yang ada dipikiran kk cuma Mulan Mulan Mulan dan Mulan, iya kan ?”
“Neng, kk tuh sengaja jadian sama Mulan karena kk juga sulit terima kenyataan kalo kita jadi saudara, dari dulu juga kk syang banget sama kamu, ga mudah bagi kk untuk menghilangkan rasa itu, makanya kk jadian sama Mulan”
“Tapi kan ka, sikap kk juga ga mesti kaya gini, kalo gini sih namanya kk egois”
“Yaudah kk minta maaf yah, kk janji ga bakal gitu lagi sama kamu dan mulai sekarang kk bakal perhatian sama kamu selayaknya seorang adik kk”
“Janji yah”
 “Iya neng Dara” kata ka Rio sambil mengacak rambutku
 
Keesokan harinya, aku dapet pelajaran musik, tapi kok rasanya kepala aku pusing banget, aku ga bisa lihat dengan jelas .
Setelah itu aku ga inget apa-apa lagi, sekarang aku sedang tertidur di ruang UKS, aku liat disana ada ka Rio dan Mulan .
“Neng kamu udah sadar”
 
“Emang aku kenapa ?”
“Kata Mita kamu pingsan, sekarang kita ke dokter aja yah” ajak ka Rio
Aku hanya menganguk pelan, mungkin kalian piker lebay banget pingsan aja di bawa ke dokter segala, tapi aku merasa ada yang aneh sama tubuh ini, rasanya sulit banget untuk bernafas, jadi aku mau periksa apakah aku baik-baik saja .
 
Setelah pemeriksaan aku duduk sama Mulan di ruang tunggu karena ka Rio sedang di dalam ruangan dokter untuk melihat hasil, aku udah ga sabar menunggu, akhirnya ku memilih untuk mauk ke ruangan dokter itu, baru saja aku mau berdiri ternyata ka Rio udah keluar dari ruangan dengan tampang yang sedih banget
“Gimana ka ?” tanyaku
“Neng baik-baik aja kok”
“Kk ga usah bohong deh, kk jujur ajh, aku bukan anak kecil yag ga boleh tau gimana keadaan aku” kataku sedikit kesal
“Neng yang sabar yah, neng kena penyakit kanker hati” kata ka Rio sambil menunduk
“APA ????”
Sumpah demi apapun itu aku shok banget, kenapa aku bisa kena penyakit itu, aku kan masih mau hidup lama di dunia ini, aku tahu hdupku ga akan lama lagi, kenapa semua ini bisa terjadi ???? akkkhh, aku hanya bisa menangis, aku masih belum bisa terima kenyataan ini .
 
Sekarang aku di rawat di rumah sakit karena kondisiku yang semakin memburuk, aku hanya bisa pasrah pada Tuhan, aku harus siap kapanpun Tuhan akan mencabut nyawaku, bahkan aku agak senang karena dengan penyakit ini Bunda, Ayah dan ka Rio lebih perhatian sama aku, setiap pulang kuliah ka Rio selalu menjenguk aku, rasanya sumpek banget tinggal di rumah sakit, akhirnya aku memohon sama ka Rio supaya aku diajak jalan-jalan keliling rumah sakit ini, aku pengen menghirup udara segar sebelum aku pergi ke surga, saat aku lagi jalan-jalan naik kursi roda aku denger ada bunyi sms, aku tengok kearah ka Rio, aku lihat dia mengambil HPnya disaku dan dimasukan lagi .
“Sms dari Mulan yah ka ?” tanyaku
“Iya”
“Kok ga dibales ?”
“Hari ini kk mau menghabiskan waktu bersama neng, jadi ga boleh ada yang ganggu” jawab ka Rio hamper menangis
“Makasih yah ka”
“Aku seneng banget ka Rio bisa ngertiin perasaan aku” kataku dalam hati
Dari kejauhan aku melihat seseorangyang sedang membawa sesuatu di samping pohon, tapi aku ga bisa lihat dengan jelas .

Keesokan harinya
“Permisi neng, ini ada titipan bunga” kata seotang susuter mengantear bungan ke kamar aku
“Dari siapa sus ?”
“Saya juga kurang tahu, kayanya dari orang yang special tuh”
“Emang kenapa ?”
“Biasanya kan kalo seseorang mau ngasih bunga pasti dia beliin bunga mawar, nah kamu kan dikasih bunga tulip pasti orang itu tau selera kamu”
“Aah suster bisa aja”
“ Kalo begitu saya tinggal dulu yah”
Dari siapa yah ? udah seminggu ini aku dikirimin bunga tulip mulu dan ada tulisan semoga cepet sembuh, aku ga tau siapa tapi aku berterima kasih banget, oiya, selama aku di rumah sakit Mita belum pernah jenguk aku, kenapa yah ?? apa dia lupa sama aku ??
 
Sekarang genap 2 minggu aku berada di rumah sakit, rasanya aku sedang tertidur sangat lama, saat aku terbangun aku berada di suatu tempat kosong dan serba putih, aku bingung aku ada dimana, cuma ada aku disini, aku berlari-lari mencari jalan keluar tapi tetap sia-sia hingga aku menangis, apa iya aku ada di surga ?
“Neng aku mohon sama kamu setelah ini kamu baca surat yang ada di bawah bunga tulip di meja kamu”
Loooh itu kan suara Mita …
“Mitaaaaaaa” teriakku
Tiba-tiba aku berada di sebuah tempat yang ga asing buat aku, ada ka Rio, Mulan, Bunda dan Ayah yang mengelilingi aku
“Ka kau masih hidup ?” tanyaku
“Iya neng, kamu koma 3 hari, untung kamu udah sadar”
“Ka aku boleh minta tolong ambilin surat disitu” kataku sambil menunjuk kearah meja yang ada disampingku
“Iya” ka Rio mengambil surat itu dan memberikannya ke aku
Aku mengambil surat itu dan membacanya ..
 
Untuk SAYANGKU neng Dara
 
Makasih kamu udah mau baca surat ini, pasti sekarang neng udah sadar, semoga cepet sembuh yah .
 
Maafin aku karena selama ini aku ga jenguk kamu, karena aku ga tega melihat orang yang aku sayang menderita kesakitan .
Aku cuma mau bilang kalo aku bener-bener LOVE SETENGAH MATI sama kamu, walaupun aku tau ada orang yang lebih kamu sayangi
Aku bener-bener CINTA banget sama kamu walaupun aku tau kalau ini CINTA TERLARANG
DEMI NAMA CINTA aku rela lakukan apa aja Cuma buat kamu
Neng, karena CUMA KAMU BELAHAN JIWAku
DISINI aku senang karena aku bisa mengungkapkan perasaan aku selama ini ke kamu, walaupun kita tak mungkin bersama lagi .
MAAF AKU MENCINTAIMU semoga neng bisa bahagia .
 
SELAMAT JALAN KEKASIH
Mita
 
"Ka  mimit kemana ?" tanyaku ke ka Rio tapi dia diam saja
"Bunda ayah, mita dimana ?" tanyaku ke Bunda dan Ayah
"Lan, lu tau kan mimit dimana ? gw pengen ketemu sama dia" tanyaku ke Mulan
"Mimit ada dihati kamu neng" kata Mulan sambil menunjuk ke arahku
"Setelah Mimit tau kamu kritis dia langsung kesini, tapi tiba-tiba Mimit kecelakaan dan kalimat terakhir dia adalah dia ingin mendonorkan hatinya untuk kamu" jelas ka Rio
Aku menangis sekenceng-kencengnya, kenapa aku ga pernah sadar kalo ada orang yang bener-bener sayang sama aku, AKKKHHH, ingin rasanya waktu terulang kembali tapi ga bisa, sekarang aku hanya bisa menangis menangis dan menyesal, Mimit aku juga sayang sama kamu, aku janji aku akan menjaga hati yang telah kamu berikan ke aku :') selamanyaaa
 
                                                                       TAMAT
 
kadang cinta membuat kita ga sadar akan keadaan dan perasaan orang yang ada disekeliling kita, soo jangan sampai kita seperti itu, setiap insan pasti butuh cinta, tapi jangan sampai cinta menjadi hal terpenting dalam hidup kita :)
 
ini cerpen pertama aku, aku termotivasi banget ikut lomba ini dan mau banget dapet hadiahnya  :p hehehe
sekali lagi makasih yah kalian mau baca cerpen aku, like komen aku tunggu loh, saran dan kritik juga :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

coment-coment Vty, Mrz, Dlz